Beberapa Penyebab Muntah Pada Anjing Yang Perlu Diketahui

Beberapa Penyebab Muntah Pada Anjing Yang Perlu Diketahui

Beberapa Penyebab Muntah Pada Anjing Yang Perlu Diketahui – Apakah anjing Anda muntah? Meskipun muntahan anjing bisa jadi berantakan dan tidak menyenangkan, kabar baiknya adalah muntah pada anjing biasanya bukan keadaan darurat yang mengerikan. Namun, Anda tidak boleh mengabaikannya. Penting untuk mengatasi muntah anjing Anda sehingga Anda dapat membantu hewan peliharaan Anda segera merasa lebih baik dan memastikan itu bukan tanda sesuatu yang lebih serius.

Beberapa Penyebab Muntah Pada Anjing Yang Perlu Diketahui

Mengapa Anjing Muntah?

Anjing muntah karena berbagai alasan, beberapa lebih serius daripada yang lain. Terkadang mudah untuk menentukan penyebabnya–seperti ketika Anda melihat mainan yang dikunyah di dalam muntahan atau Anda tahu anjing Anda memakan sesuatu yang tidak pantas, seperti makanan manusia yang tidak sehat. Di lain waktu jauh lebih sulit untuk menentukan alasan muntah. Ini mungkin terlihat sangat menjijikkan, tetapi Anda harus memeriksa muntahnya sebelum membersihkannya.

Alasan Diet

Ketidakbijaksanaan diet adalah alasan yang sangat umum untuk muntah pada anjing. Ini sering terjadi setelah anjing masuk ke tempat sampah atau memakan sisa meja. Memeriksa muntah dan perilaku anjing Anda setelah muntahnya berhenti dapat memberi Anda petunjuk tentang penyebabnya. Jika anjing tampak lebih baik setelah muntah, kemungkinan masalah diet dan dapat diatasi. Awasi anjing Anda dengan cermat selama satu atau dua hari berikutnya, perhatikan lebih banyak muntah atau tanda – tanda penyakit lainnya.

Masalah kesehatan

Muntah juga dapat disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius, seperti  konsumsi toksin , obstruksi gastrointestinal, pankreatitis, dan banyak lagi. Muntah adalah salah satu tanda penyakit yang paling umum dilaporkan oleh pemilik anjing. Muntah dapat disertai dengan diare , kehilangan nafsu makan, atau lesu. Tidak hanya penting untuk memahami mengapa anjing muntah; Anda juga harus tahu bagaimana merespons ketika anjing Anda muntah.

Pengobatan Muntah pada Anjing

Biasanya tidak serius jika anjing Anda hanya mengalami satu atau dua episode muntah. Anda mungkin tidak menghubungi dokter Anda setiap kali Anda sakit perut. Namun, penting bagi Anda untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra ketika anjing Anda sakit karena anjing tidak dapat memberi tahu kami bagaimana perasaan mereka yang sebenarnya. Faktanya, anjing mungkin secara naluriah menyembunyikan penyakit selama mungkin sebagai naluri bertahan hidup. Beberapa anjing yang sakit bertindak seolah-olah mereka merasa baik-baik saja padahal sebenarnya tidak.

Memeriksa Muntah

Jika anjing Anda muntah, pertama-tama lihat zat yang dimuntahkan.

  • Apakah itu makanan?
  • Apakah sebagian besar empedu atau lendir?
  • Apakah muntahnya mengandung busa putih, air, atau darah?
  • Apakah ada potongan mainan, pakaian, atau bahan lain yang tidak dapat dimakan yang tercampur?

Sebaiknya masukkan benda asing apa pun yang Anda temukan ke dalam tas untuk berjaga-jaga jika dokter hewan perlu melihatnya nanti. Buat catatan yang menjelaskan muntahan jika Anda perlu mengingat saat Anda berbicara dengan dokter hewan dan mengambil foto jika Anda bisa. Jika kelesuan, diare, atau tanda penyakit lain menyertai muntah, catat juga.

Tunggu dan Perhatikan

Setelah anjing muntah, biasanya yang terbaik adalah menahan makanan selama beberapa jam dan mengamati, tetapi jangan menahan air. Jika anjing Anda muntah satu kali dan kemudian bertindak benar-benar normal, Anda mungkin dapat melanjutkan makan rutinitas normal Anda dalam waktu enam sampai 12 jam atau ketika makan berikutnya adalah karena. Tetap awasi hewan peliharaan Anda untuk muntah dan tanda-tanda penyakit lainnya.

Kapan Harus Menghubungi Dokter Hewan?

Jangan pernah memberikan obat bebas atau resep tanpa saran dokter hewan Anda. Jika muntah terjadi beberapa kali sepanjang hari pertama dan masih terjadi pada hari berikutnya, hubungi dokter hewan Anda. Jika anjing Anda tidak mau makan selama dua hari berturut-turut, Anda harus menghubungi dokter hewan meskipun muntahnya telah berhenti. Diare kadang-kadang terjadi selama atau setelah episode muntah. Hubungi dokter hewan Anda jika diare anjing Anda tidak mulai membaik dalam satu atau dua hari.

Muntah intermiten kronis (berkelanjutan tetapi kurang dari sekali sehari) juga tidak dianggap normal. Jika anjing Anda muntah terus menerus selama lebih dari satu atau dua minggu, Anda harus menjadwalkan janji dengan dokter hewan untuk pemeriksaan fisik . Pengujian tambahan mungkin direkomendasikan.

Dalam beberapa keadaan, Anda harus   segera menghubungi dokter hewan:

  • Muntah sering berulang selama beberapa jam berturut-turut.
  • Anjing Anda sedang menjalani pengobatan yang dapat menyebabkan muntah (berhenti memberikan obat dan hubungi dokter hewan Anda).
  • Anda menduga anjing Anda menelan benda asing, seperti mainan atau pakaian.
  • Anjing Anda menunjukkan kelesuan yang ekstrem atau tidak responsif.
  • Anda menduga anjing Anda menelan racun.
  • Anda melihat jumlah darah yang berlebihan pada bahan yang dimuntahkan (bercak darah ringan bukanlah keadaan darurat, tetapi hubungi dokter hewan jika terus berlanjut).
  • Perut anjing Anda terlihat kembung (bisa jadi GDV alias “menggembung” atau hal serius lainnya).
  • Perut anjing Anda sepertinya sakit.
  • Gusi anjing Anda berwarna pucat, putih, kebiruan, atau abu-abu.
  • Anjing Anda mengalami kesulitan bernapas.
  • Anda ragu apakah kondisi anjing Anda serius.

Makanan dan Air untuk Anjing Muntah

Jika anjing Anda muntah lagi pada waktu makan berikutnya, tetapi muntahnya berhenti setelah beberapa jam, coba berikan anjing Anda sedikit air terlebih dahulu. Jika anjing Anda terus ke bawah, menawarkan sejumlah kecil hambar makanan seperti nasi putih dengan ayam rebus atau daging tanpa lemak. Setelah merebus makanan hambar untuk anjing Anda, buang lemaknya sebanyak mungkin. Jangan tambahkan garam atau bumbu lainnya.

Tawarkan anjing Anda beberapa sendok makan campuran makanan hambar. Jika anjing Anda tidak mau makan, jangan memaksakan masalahnya. Coba lagi dalam beberapa jam. Jika anjing Anda makan dan menahan makanannya selama satu jam, cobalah memberi makan sedikit lebih banyak. Ulangi ini sampai hari berikutnya. Jika muntah tidak terjadi lagi dan nafsu makan anjing Anda baik, Anda dapat mulai menambahkan kembali makanan normal anjing Anda secara bertahap ke dalam campuran makanan lunak.

Beberapa Penyebab Muntah Pada Anjing Yang Perlu Diketahui

Cara Mencegah Muntah pada Anjing

Ini tidak benar-benar mungkin untuk mencegah anjing Anda dari yang pernah muntah. Tetapi Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang masuk akal berikut untuk membatasi paparan risiko yang dapat menyebabkan mual dan muntah:

  • Jauhkan sampah dan sisa meja, larutan pembersih atau pelarut, bahan kimia rumput dan taman, dan bahan beracun lainnya dari anjing Anda.
  • Buang mainan kunyah yang rusak atau rusak. Awasi barang-barang kunyah lainnya yang mungkin telah dimakan atau ditelan anjing Anda.
  • Sajikan makanan segar dan berkualitas tinggi untuk anjing Anda. Cegah akses ke makanan beracun seperti alpukat, cokelat, bawang merah, bawang putih, anggur, dan alkohol.
Tagged