10 Hal Yang Dilakukan Orang Yang Tidak Bisa Ditahan Anjing

10 Hal Yang Dilakukan Orang Yang Tidak Bisa Ditahan Anjing – Bisakah Anda melakukan hal-hal yang mengganggu anjing Anda tanpa Anda sadari? Anjing sering mentolerir perilaku manusia karena mereka setia dan santai. Namun, mungkin ada beberapa hal yang Anda atau orang lain lakukan yang diam-diam dibenci oleh anjing Anda. Anda mungkin dapat memikirkan beberapa hal yang dibenci anjing Anda karena sudah jelas.

Mungkin anjing Anda mengerem saat Anda mencoba memandikannya. Mungkin dia menghindar dari pelukan atau jenis penanganan tertentu. Dia bahkan mungkin terlihat kesal atau tertekan ketika dia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya.

Bahkan anjing yang paling santai pun akan membenci beberapa hal yang kita manusia lakukan. Ya, hal-hal tertentu tidak dapat dihindari, seperti kunjungan ke dokter hewan atau perawatan. Namun, ada cara lain yang bisa kita coba untuk menenangkan anjing kita. Tidak ada dua anjing yang persis sama, jadi apa yang dibenci oleh seekor anjing dapat dinikmati oleh anjing lain.

10 Hal Yang Dilakukan Orang Yang Tidak Bisa Ditahan Anjing

Memeluk

Sangat lucu melihat foto orang memeluk anjing, tetapi kenyataannya tidak begitu nyaman. Banyak anjing tidak menyukai pelukan, terutama dari orang asing. Meletakkan lengan Anda di leher atau tubuh anjing dapat dianggap sebagai ancaman. Kebanyakan anjing mentolerir pelukan lembut dari manusia dipercaya, tetapi itu tidak berarti mereka benar-benar seperti mereka.

Alternatif yang lebih baik adalah membiarkan anjing itu berpelukan dengan caranya sendiri dan membelainya di sepanjang punggung dan dadanya (terutama jika Anda tidak mengenal anjing dengan baik). Tentu saja, beberapa anjing suka dipeluk. Penting bagi Anda untuk mengenal anjing Anda sendiri dan memahami batasannya.

Perhatikan bahasa tubuhnya untuk membantu Anda memahami bagaimana perasaannya saat Anda memeluknya. Jika dia mencondongkan tubuh, mengalihkan pandangannya, menguap, menjilat bibirnya, memiliki ekspresi khawatir, atau menunjukkan gerakan menenangkan lainnya, dia mungkin merasa tidak nyaman.

Mendapatkan di Wajah Anjing dan Ruang Pribadi

Sama seperti berpelukan, anjing cenderung tidak menyukainya ketika manusia menyentuh wajah mereka. Pikirkan tentang bagaimana hal itu akan membuat Anda merasa! Hindari meletakkan tangan Anda di wajah anjing, menjulang di atas anjing, dan bergegas ke arah mereka. Ini sangat penting jika anjing tidak mengenal Anda dengan baik.

Sebagai pemilik, jika Anda perlu menyodok dan mendorong anjing Anda untuk kebaikannya sendiri (seperti membersihkan telinga atau menyikat gigi) lakukan perlahan, bersikaplah lembut, dan berikan hadiah kepada anjing Anda dengan camilan dan/atau pujian. Jika anjing Anda menunjukkan gerakan menenangkan, menunjukkan tanda-tanda ketakutan, atau bertindak agresif, mundurlah! Itu selalu yang terbaik untuk berhati-hati dan mencegah gigitan anjing.

Tidak Membiarkan Anjing Mengendus dan Menjelajah Saat Jalan-jalan

Anjing senang berjalan-jalan lebih dari sekadar berolahraga. Berjalan-jalan di luar ruangan memberi anjing Anda kesempatan untuk menjelajahi dunia. Anjing Anda menjelajahi dunia terutama melalui aroma, kemudian dengan indera lainnya (sedangkan kebanyakan manusia menjelajahi dunia terlebih dahulu melalui penglihatan).

Mengajak anjing Anda berjalan-jalan tanpa membiarkannya berhenti dan mengendus (dan menandai) adalah tindakan yang tidak baik. Jika Anda memikirkannya, itu seperti seseorang menyeret Anda dengan lengan melalui toko favorit Anda tanpa membiarkan Anda berhenti dan melihat apa pun. Jika itu terjadi terus-menerus, itu akan sangat membuat frustrasi, bukan? Jadi, lain kali Anda mengajak anjing Anda jalan-jalan, beri dia banyak waktu untuk menjelajahi lingkungannya.

Kurangnya Rutinitas dan Aturan

Anjing Anda mungkin tidak menyukainya, tetapi ia membutuhkan aturan. Jika anjing Anda bertingkah, itu mungkin karena Anda tidak mengajarinya aturan. Pelatihan adalah bagian penting dalam memberikan struktur dalam kehidupan anjing Anda. Rutinitas penting karena anjing Anda memiliki jam internal.

Cobalah untuk memberi makan anjing Anda pada waktu yang sama setiap hari. Tetapkan rutinitas olahraga juga jika memungkinkan. Setelah beberapa hari aturan dan rutinitas terstruktur, Anda mungkin akan melihat bahwa anjing Anda lebih bahagia. Rutinitas dan aturan membuat dunia anjing Anda lebih dapat diprediksi dan benar-benar dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

Berteriak dan Hukuman Keras

Tidak ada orang yang suka dimarahi atau dihukum dengan keras (seperti dipukul). Anjing mungkin tidak mengerti kata-kata yang kita ucapkan, tetapi mereka merasakan emosi Anda saat Anda melakukannya. Jika Anda memiliki anjing yang sensitif atau penakut, Anda mungkin mendapati bahwa teriakan itu, dan hukuman yang keras benar-benar membuat anjing Anda kesal atau takut.

Ketakutan tidak sama dengan rasa hormat, dan Anda tidak akan memperkuat hubungan Anda dengan metode ini. Bahkan jika anjing Anda menyendiri atau sangat bahagia, Anda mungkin akan mendapati bahwa teriakan dan hukuman yang keras tidak membantu dalam jangka panjang karena anjing Anda menjadi tidak peka (artinya dia tetap melakukan apa yang dia inginkan dan Anda terus mengulanginya sendiri).

Penguatan positif umumnya merupakan jenis pelatihan yang paling efektif. Untuk memperbaiki perilaku yang tidak diinginkan, Anda dapat mencoba mengarahkan anjing Anda ke perilaku yang disukai alih-alih berteriak atau memukulnya. Latih anjing Anda untuk “menjatuhkannya” atau “meninggalkannya” adalah cara yang bagus untuk menghentikan anjing Anda makan atau mengunyah sesuatu yang tidak seharusnya ia makan.

Anda dapat mengajarinya “datang” atau “perhatikan saya” untuk mendapatkan perhatiannya ketika dia melakukan sesuatu yang salah. Pastikan untuk memberinya hadiah ketika dia mematuhinya. Anjing lebih cenderung mendengarkan Anda saat Anda mengajukan permintaan daripada “tidak” atau “hentikan” yang tidak spesifik.

Mendandani Mereka

Kecuali jika Anda membiasakan anjing Anda mengenakan pakaian secara bertahap (atau sebagai anak anjing), kemungkinan besar anjing Anda tidak suka didandani. Banyak anjing akan mentolerir pakaian atau kostum, tetapi kebanyakan tidak menyukainya. Kenali anjing Anda sebelum Anda memaksanya menjadi kostum kelinci!

Beberapa anjing baik-baik saja dengan barang-barang pakaian sederhana seperti kemeja, tetapi tidak suka memakai barang-barang di kepala atau kaki mereka. Seberapa pentingkah Anda mendandani anjing Anda? Jika anjing Anda membutuhkan perlindungan dari hawa dingin, mulailah dengan barang-barang kecil dan ringan dan kaitkan dengan camilan atau hadiah lainnya. Bekerja dengan cara Anda hingga sweater, jaket, dan sepatu bot. Perhatikan bahasa tubuh anjing Anda untuk menentukan kapan ia merasa cukup.

Wewangian yang Kuat

Jika Anda belum mengetahuinya, indra penciuman anjing Anda sekitar 10.000 hingga 100.000 kali lebih sensitif daripada Anda. Secara umum, anjing senang menyerap semua jenis aroma dan bau. Namun, wewangian dan bahan kimia yang kuat dapat mengganggu anjing dan bahkan mengiritasi hidung mereka.

Sebagai aturan, sebaiknya hindari menyemprot anjing Anda secara langsung dengan apa pun. Jika anjing Anda membutuhkan semprotan medis, hindari wajahnya (lebih baik lagi, semprotkan obat pada kain dan oleskan padanya dengan cara itu). Bila Anda menggunakan produk Anda sendiri (parfum, hairspray, penyegar udara, pembersih, dll.), jauhkan dari anjing Anda dan pastikan produk tersebut tidak beracun.

Ditinggal Sendiri atau Diabaikan

Anjing adalah makhluk sosial yang umumnya benci ditinggal sendirian. Beberapa anjing dihibur dengan kehadiran anjing lain, tetapi yang lain hanya menginginkan persahabatan manusia. Dalam kasus ekstrim, beberapa anjing sebenarnya takut ditinggal sendirian dan mengalami kecemasan perpisahan.

Masalahnya adalah sebagian besar pemilik anjing harus bekerja untuk membayar semua makanan anjing gourmet itu. Anda juga perlu memiliki kehidupan, menjalankan tugas, berlibur, dll. Tentu saja, anjing Anda tidak mengerti semua itu. Jadi, apa solusinya?

Habiskan waktu sebanyak mungkin dengan anjing Anda saat Anda di rumah. Luangkan waktu untuk menjalin ikatan dengan anjing Anda. Tetapkan rutinitas harian, berikan banyak olahraga dan stimulasi mental. Jika Anda sering bepergian, temukan pengasuh hewan peliharaan tepercaya yang membuat anjing Anda nyaman. Jika Anda bepergian terus-menerus, pertimbangkan apakah adil atau tidak untuk memiliki anjing (atau hewan peliharaan apa pun dalam hal ini).

Memaksa Mereka Ke Situasi yang Tidak Nyaman

Sebagian besar dari kita pernah mengalaminya: anjing Anda “mengrem” dan menolak pergi ke suatu tempat atau melakukan sesuatu. Mungkin itu bak mandi. Seringkali itu dokter hewan. Terkadang itu mobil atau bahkan jalan tertentu. Bahkan mungkin orang atau hewan tertentu yang ingin dihindari anjing Anda. Seringkali, anjing Anda menolak karena dia takut atau fobia.

Ketika Anda memaksa anjing Anda ke dalam situasi yang menakutkan, Anda membuatnya dalam keadaan stres. Sebenarnya ini adalah teknik yang disebut banjir yang tidak selalu berhasil (dan dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan). Metode yang lebih baik adalah untuk memudahkan anjing Anda ke dalam situasi.

Jauhkan dia pada jarak yang aman dan hadiahi dia karena tetap tenang. Secara bertahap tingkatkan eksposur anjing ke “pemicu” dan hadiah untuk non-reaksi. Jika itu adalah dokter hewan yang dia takuti, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membuat anjing Anda menyukai dokter hewan tersebut. Jika fobianya serius, Anda mungkin perlu mendapatkan bantuan dari pelatih atau ahli perilaku.

10 Hal Yang Dilakukan Orang Yang Tidak Bisa Ditahan Anjing

Sedang galau

Hidup ada pasang surutnya. Anda tidak bisa berharap untuk selalu bahagia. Namun, anjing Anda dapat merasakan emosi Anda karena ikatan erat yang Anda miliki. Jika Anda akan melalui periode depresi, stres, atau kesedihan, itu pasti akan mempengaruhi anjing Anda. Beberapa anjing akan mencocokkan emosi Anda, menjadi sedih atau bahkan sakit. Orang lain akan bosan atau frustrasi dan “bertingkah” karena mereka tidak mendapatkan perhatian/olahraga/stimulasi yang cukup.

Lakukan yang terbaik untuk mengikuti semacam rutinitas dan habiskan waktu bersama anjing Anda. Anjing dapat menawarkan dukungan emosi yang luar biasa. Ada alasan mengapa anjing begitu hebat dalam terapi bantuan hewan! Berjalan-jalanlah dengan anjing Anda, dan Anda bahkan mungkin merasa lebih baik.